-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pandemi Covid 19, Pemkab Jembrana Serahkan Bantuan Sembako Kepada Warga

Pandemi Covid 19, Pemkab Jembrana Serahkan Bantuan Sembako Kepada Warga


SABDA DEWATA ■ Dengan terjadinya pandemi penularan Corona Virus Desiese atau yang sering disebut dengan Covid-19, Bupati Jembrana, I Putu Artha, Senin (11/5) menyerahan secara simbolis Bantuan Sembako Pemda Jembrana di halaman Kantor Camat Jembrana, Lingkungan Dauhwaru, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali kepada masyarakat Kecamatan Jembrana yang terdampak Covid-19.

Kegiatan penyerahan bantuan Sembako ini diantaranya didampingi Dandim 1617/Jembrana (Letkol Kav Djefri Marsono Hanok), Kapolres Jembrana diwakili Kapos Dalops Amanusa (Iptu Putu Indra Yasa), Kajari Jembrana diwakili Kasi Datun Kejari Jembrana Arief Ramadhoni, SH, Para Asisten Sekda Kabupaten Jembrana beserta para Jajaran.

Dalam laporannya, Kadis Sosial Kab. Jembrana (dr. Made Dwipayana, MPPS) mengatakan bahwa untuk penanganan dampak Covid-19 maka ditetapkan 3 intervensi utama dengan sumber dana dari APBD tersebut adalah yang pertama intervensi Bidang Kesehatan, kemudian intervensi Bidang Ekonomi dan intervensi Jaring Pengaman Sosial, merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar yang menjadi masalah yang besar akibat penurunan kemampuan keluarga untuk mendapatkan penghasilan yang cukup, serta penurunan aktivitas publik dan transportasi dan adanya karantina parsial di beberapa tempat.

Alokasi dana jaring pengaman sosial di Kabupaten Jembrana diluncurkan dalam beberapa tahap, tahap pertama ini di alokasikan dana sebesar 4,339 miliar yang kemudian dilepaskan untuk 7.180 KK penerima manfaat, dengan nilai Rp. 200.000 /KK / bulan akan diberikan selama 3 bulan.

"Jadi yang hari ini adalah yang pertama nanti berikutnya akan ada 2 lagi pembagian sembako kepada KK yang menjadi penerima manfaat, dengan rincian Beras kualitas premium sejumlah 10 kg, Gula pasir 3 kg, Minyak goreng 3 liter, termasuk kemasan distribusi sampai dengan ke desa kelurahan dan pajak-pajak distribusi dimulai hari ini Senin tanggal 11 Mei 2020. Adapun lokasi setiap Kecamatan yang pertama adalah Kecamatan Jembrana jumlah 1.423 KK, Kecamatan Negara 1731 KK, Kecamatan Melaya 1382 KK, Kecamatan Mendoyo 1908 KK dan Kecamatan Pekutatan 736 KK. Untuk Kecamatan Jembrana yang dibutuhkan hari ini ada 10 Desa, diantaranya Desa Airkuning 59 orang, Desa Batuagung 142 orang, Desa Budeng 140 orang, Desa Danguntukadaya 216 orang, Kel. Dauhwaru 72 orang, Kel. Loloan Timur 129 orang, Kel. Pendem 242 orang, Desa Perancak 138 orang, Kel. Sangkaragung 145 orang dan Desa Yehkuning : 140 orang", jelasnya.

Ditambahkannya, kegiatan pengadaan dan distribusi sembako ini dilaksanakan dengan rekanan dari PT Persero Gula Wilayah Bali sampai ke Desa/Kelurahan, yang mana hari ini dimulai dari Kecamatan Jembrana dan selanjutnya akan disusul dengan Kecamatan negara dan seterusnya.

Setelah selesai yang pertama dilanjutkan dengan tahap kedua, karena anggarannya sudah dipersiapkan dengan total nilai sebesar 3 miliar, kriteria penerima adalah orang yang berbeda, jadi penerima yang pertama tidak akan menerima di tahap kedua dan setetusnya, sehingga tidak ada yang double mendapatkan bantuan dari pemerintah, untuk itu total anggaran yang dipersiapkan untuk jaring pengaman sosial ini adalah sejumlah 7,3 miliar.

Sementara itu, Bupati Jembrana dalam sambutannya mengatakan adanya Pandemi Covid-19 yang mewabah di Negara Kesatuan Republik Indonesia dan khususnya di Kabupaten Jembrana. Pemkab Jembrana telah melaksanakan penyisiran anggaran pemkab jembrana dalam rangka memberikan  bantuan jaring pengaman sosial berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak selama 3 bulan.

"Hari ini telah dilaksanakan pemberian bantuan sembako secara simbolis kepada masyarakat dan diharapkan dapat membantu meringankan kebutuhan masyarakat. Agar pemberian bantuan sembako jangan sampai disalahgunakan. Para Lurah/Kepala Desa agar melaksanakan monitoring dan pengecekan terhadap penerima sembako sehingga tidak terjadi adanya masyarakat yang menerima bantuan ganda. Bantuan ini akan diantar oleh pihak TNI dan Polri, yang mana itu merupakan instruksi pusat dan diharapkan agar betul-betul sampai kepada si penerima," kata Bupati Jembrana.

Seusai sambutan, acara dilanjutkan dengan  Penyerahan Bantuan Sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat se Kec. Jembrana dan selanjutnya Bupati Jembrana beserta Rombongan meninjau dan menyerahkan secara langsung Bantuan Sembako kepada masyarakat penerima di masing-masing Desa/Kelurahan.

■ Suar


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

loading...